Menstruasi

Menstruasi adalah masa perdarahan yang terjadi pada wanita secara rutin setiap bulan selama masa suburnya kecuali apabila terjadi kehamilan. Masa menstruasi biasa juga disebut dengan mens, haid atau datang bulan. Pada saat menstruasi darah yang keluar sebenarnya merupakan darah akibat peluruhan dinding rahim (endometrium). Darah menstruasi tersebut mengalir dari rahim menuju ke leher rahim, untuk kemudian keluar melalui vagina.


Ketika seorang gadis mulai memasuki masa puber (biasanya dimulai dari usia 10-14 tahun, bahkan ada literatur yang menyebutkan usia 8-13 tahun ), maka tubuh dan pikiran si gadis akan mulai berubah untuk berkembang menjadi seorang wanita muda. Pada awal masa pubertas, kadar hormon LH (luteinizing hormone) dan FSH (follicle-stimulating hormone) akan meningkat, sehingga merangsang pembentukan hormon seksual. Pada remaja putri, peningkatan kadar hormon tersebut menyebabkan pematangan payudara, ovarium, rahim, dan vagina serta dimulainya siklus menstruasi. Di samping itu juga timbulnya ciri-ciri seksual sekunder, misalnya tumbuhnya rambut kemaluan dan rambut ketiak. Usia pubertas dipengaruhi oleh faktor kesehatan dan gizi, juga faktor sosial-ekonomi dan keturunan. Menstruasi merupakan pertanda masa reproduktif pada kehidupan seorang perempuan, yang dimulai dari menarche (menstruasi pertama)  sampai terjadinya menopause. Usia pertama kali mengalami menstruasi pun bisa beragam, ada yang sudah menstruasi sejak usia 10 tahun tetapi ada juga yang baru mengalaminya saat menginjak usia 15 tahun.


Lama menstruasi biasanya terjadi antara 3-5 hari, walaupun pada beberapa orang bisa saja mengalami masa menstruasi yang lebih panjang ataupun lebih pendek. Jumlah hari antara periode menstruasi yang satu dengan periode menstruasi berikutnya disebut dengan siklus menstruasi (dihitung dari hari pertama mendapat menstruasi sampai dengan hari sebelum datang menstruasi berikutnya).


Contoh cara menghitung siklus menstruasi :

 
  Menstruasi pada bulan Juli : Tanggal 16
  Menstruasi pada bulan Agustus : Tanggal 14
    kalender.JPG
  Siklus menstruasi : 29 hari

Pada masa awal menstruasi biasanya siklus menstruasi tidak teratur, karena tubuh perlu menyesuaikan diri. Misalnya di 2 bulan pertama siklus mentruasi terjadi setiap 28 hari  kemudian tidak mendapat menstruasi selama 1 bulan atau bisa saja dalam 1 bulan terjadi 2 kali menstruasi. Biasanya setelah 2-3  tahun siklus menstruasi akan menjadi teratur. Apabila sudah terbiasa kita dapat memperkirakan waktu menstruasi kita berikutnya. Ada baiknya juga untuk selalu menandai masa menstruasi kita di kalender setiap bulannya untuk mengetahui lama menstruasi ataupun siklus menstruasi kita.  Lamanya siklus menstruasi bisa bervariasi antara 21-40 hari (pada awal menstruasi bisa sampai 45 hari) walaupun biasanya berlangsung sekitar 28 hari.


Pada saat menstruasi, biasanya wanita mengalami perubahan baik secara fisik ataupun secara emosional, hal ini berkaitan erat dengan kadar hormon yang melonjak naik & turun didalam tubuh. Berikut adalah beberapa keluhan yang biasanya terjadi saat menstruasi :


Nyeri haid
Nyeri haid umum dirasakan oleh wanita pada hari-hari pertama menstruasi. Sebagian dokter beranggapan bahwa nyeri haid terjadi karena prostaglandin, yaitu zat yang menyebabkan otot rahim berkontraksi.  Pada sebagian orang nyeri haid yang dirasakan dapat berupa nyeri yang samar tetapi bagi sebagian yang lain nyeri yang dirasakan dapat terasa kuat yang bahkan bisa membuat aktifitas terganggu. Penggunaan obat pereda nyeri yang dijual bebas dapat meredakan rasa nyeri tersebut, atau bisa juga dengan cara mengoleskan obat gosok atau di kompres dengan handuk hangat. Apabila dengan cara diatas rasa nyeri tak juga hilang, sebaiknya di konsultasikan dengan dokter untuk penanganan rasa nyeri tersebut.


PMS (Pra Menstrual Syndrome)
Beberapa wanita merasakan pada beberapa hari menjelang menstruasi, mereka menjadi lebih emosional, seperti lebih mudah marah, gampang menangis ataupun sedih. Pada sebagian yang lain ada yang merasakan keinginan untuk makan makanan tertentu. Perubahan emosional ini merupakan gejala dari PMS (Pre Menstrual Syndrome). PMS sering dikaitkan dengan perubahan hormone yang melonjak naik-turun di dalam tubuh selama masa menstruasi yang mengakibatkan perubahan baik secara fisik ataupun emosional. Perubahan fisik yang terjadi dapat berupa rasa kembung akibat retensi cairan, payudara terasa tegang ataupun sakit kepala. Gejala PMS biasanya akan menghilang dengan sendirinya tetapi dapat juga hadir setiap bulan. Dengan pola makan yang tepat, cukup istirahat & olahraga dapat membantu mengatasi beberapa gejala PMS. Apabila gejala PMS yang anda rasakan cukup mengganggu sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk penanganannya.


Jerawat
Biasanya awal-awal mentruasi juga ditandai dengan hadirnya jerawat, sekali lagi hal ini disebabkan oleh kadar hormon yang melonjak di dalam tubuh. Biasanya sesudah dewasa masalah jerawat saat awal menstruasi ini akan hilang dengan sendirinya.
Apa hubungan antara menstruasi dan masa subur yuk kita ikuti artikel selanjutnya.

Total Hit : 34488 

KOMENTAR
Masukkan komentar Anda, untuk artikel diatas.
Nama:
Email:
Komentar:
  
Daftar Komentar:
*fitri pada 18-09-2010 12:09:00, menulis:
 kenapa aku haid 2 kali dalam sebulan%2Ccontohnya pada tanggal 1-9 kok aku haid lagi tanggal 17-22%2Cap gejalanya tolong bantu saya%2Capakah saya bisa hamil%3F Red : Siklus menstruasi setiap orang berbeda-beda, jadi jangan terlalu dicemaskan. Ada baiknya
*Angel aurora pada 20-08-2010 12:08:00, menulis:
 Hi aku mau minta pendapat dari kalian aku tuh berumur 14 th tp ak blm mens knpa ya..tolong jawab dan jelaskan ya. aku pengen banget cepet mens.pliss
 
 
 
banner tengah
 
artikel terkini
 
artikel terpopuler
 
komentar
 
logo outlet  
footer